Tips Mengatasi Kipas Laptop yang Bunyinya Bising

0
228

Apakah Anda merupakan salah satu penggemar dan pengguna laptop dalam kegiatan sehari-hari? Jika Anda memiliki karakter seperti itu, tentu Anda akan menginginkan laptop kesayangan Anda agar selalu sehat dan tidak akan pernah mengalami kerusakan. Namun, tidak ada yang bisa menjamin jika laptop Anda akan terus sehat tanpa terjadi kerusakan sedikitpun, walaupun laptop Anda merupakan laptop yang memiliki spesifikasi dewa sekalipun. Kerusakan dengan segala jenis apapun bisa saja terjadi laptop Anda. Salah satunya adalah kerusakan pada sistem kipas laptop tersebut.

Kerusakan pada kipas laptop masih sering terjadi ketika laptop tersebut sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama, atau sedang menjalankan aplikasi yang cukup berat, sehingga menimbulkan suhu pada laptop semakin tinggi dan akhirnya kerja kipas juga semakin meningkat, kemudian kipas akan mengeluarkan suara yang keras dan terdengar cukup bising. Tentu hal ini akan mengganggu kenyamanan Anda atau bahkan orang-orang yang berada di sekitar Anda.

Artiket terkait  Tips Sederhana Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

Banyak penyebab yang bisa menjadikan kipas pada laptop Anda menjadi rusak. Orang-orang yang mengalami kejadian seperti itu tentu akan merasakan kekhawatiran pada dirinya, apalagi ketika mereka sedang mengerjakan suatu pekerjaan pada laptop mereka yang harus segera mereka selesaikan. Tentu mereka akan mencari tahu kenapa laptop miliknya bisa mengeluarkan suara seperti itu, dan akan memperbaikinya secepat mungkin. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda mengenai penyebab dan cara mengatasi kipas laptop Anda yang berbunyi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Laptop yang Berbunyi

  1. Kipas Laptop Kotor

Jika laptop Anda sudah memiliki usia yang cukup lama, tidak menutup kemungkinan jika komponen-komponen dalam laptop Anda akan terkena debu dan menjadi kotor. Debu-debu inilah yang bisa menempel pada kipas laptop Anda dan debu tersebut bisa menghambat kerja dari laptop Anda sehingga akan mengeluarkan suara yang cukup bising. Jika Anda memiliki kemampuan dalam membongkar pasang laptop Anda, maka Anda bisa melakukannya untuk membersihkan komponen kipas tersebut, Anda bisa menggunakan kapas atau tisu untuk membersihkannya. Namun jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk membongkar pasang laptop Anda, Anda bisa membawanya ke jasa service laptop di sekitar rumah Anda.

Artiket terkait  Tips Memunculkan Subtitle Otomatis di Video Facebook
  1. Prosesor Laptop Bekerja Terlalu Keras

Penyebab yang satu ini adalah penyebab yang sering terjadi pada masalah kipas bising ini. Hal ini terjadi karena Anda telah menjalankan laptop Anda dengan waktu yang cukup lama, atau Anda telah menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, kemudian bisa juga karena Anda telah menjalankan aplikasi yang terbilang sangat berat. Agar tidak terjadi hal semacam ini, perlu Anda ketahui bahwa Anda harus menggunakan aplikasi yang penting-penting saja, jangan buka aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan. Anda juga bisa mematikan sejenak laptop Anda agar laptop Anda memiliki waktu untuk beristirahat.

  1. Kipas Laptop Rusak

Jika Anda sudah mengecek kipas laptop Anda dan ternyata kipas tersebut rusak, sebaiknya sementara ini Anda tidak menggunakan laptop tersebut. Kerusakan ini bisa diterjadi karena usia kipas yang sudah cukup tua. Jika terbukti bahwa kipas pada laptop Anda ini rusak, Anda harus segera memperbaikinya atau lebih baik Anda membeli kipas yang baru. Kemudian Anda bisa memasangnya sendiri atau menyerahkan kepada pihak jasa service laptop agar pemasangan kipas laptop tersebut bisa lebih terjamin.

Artiket terkait  Takut Baterai Laptop Habis Saat Bepergian? Lakukan Cara Ini

Itulah beberapa tips dari kami mengenai cara dan penyebab terjadi suara bisisng yang ditimbulkan pada kipas laptop Anda. Sebaiknya Anda selalu menjaga dan merawat segala komponen pada laptop Anda termasuk kipas pada laptop agar laptop Anda selalu sehat dan tidak mudah terjadi kerusakan. Demikian tips dari kami, semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

SHARE
Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap dan suka sepakbola.